[Composition, The First yet The Most Fragile Step]
Composition adalah step paling awal dalam pembuatan GFX, maka dari itu sangat penting untuk meminimalisir kesalahan di step ini. Di bawah ini adalah hal yang perlu diperhatikan saat composing:
-
Placement:
Ya, sesuai dengan namanya, ini berkaitan dengan penempatan bahan-bahan GFX kamu. Render, Background, dll nya harus ditempatkan di posisi yang sesuai, agar terlihat oke. Ada trick untuk menempatkan render kamu di posisi yang pas untuk dijadikan focal point, yaitu dengan memanfaatkan Guide Line pada Photoshop untuk membentuk Rules of Third. Caranya, klik tombol view pada Photoshop (menu bar), pilih menu New Guide, lalu isikan ini pada jendela Guide:
Horizontal 33% Vertical 33%
Horizontal 66% Vertical 66%
(pake simbol %)
Focal Point:
Focal Point adalah titik menarik (utama) dari Signature kamu. Kalau kamu menggunakan Render umumnya yang dijadikan Focal adalah wajahnya, ataupun bagian lainnya. Adanya Focal Point bertujuan agar menarik perhatian mata dan menyampaikan titik di mana signature itu ditekankan.
Focal Point harus bisa lebih menonjol dari sekelilingnya, yang bisa diakali dengan:
- Mengarahkan mata si penyimak ke arah Focal (FLOW)
- Membuat efek yang menarik di sekitar Focal (EFFECT)
- Memberikan cahaya yang fokus pad Focal (LIGHTING)
- Memperkuat warna dan ketajaman Focal (DEPTH)
Ex :
(Focal terlalu menyatu atau "tenggelam")
credit to depression76
(Focal terlalu mencolok)
(Focal sudah jelas, hanya perlu pewarnaan)
Resource Choice:
Setelah kamu dapat ide untuk membuat signature kamu, kamu pasti perlu bahan-bahannya kan? Yang ini sangat erat kaitannya dengan Theme dan Style dari signature kamu (bedakan Theme dan Style).
Untuk membuat sebuah signature bertema techno, kamu harus tahu seperti apa suasana techno tsb. Pemilihan bahan ini juga nantinya membantu kamu dalam proses Blending, karena kalau bahannya gk cocok satu sama lain, ataupun tidak cocok dengan tema, kamu akan kesulitan memadukan bahan-bahan tersebut.
Untuk membuat sebuah signature bertema techno, kamu harus tahu seperti apa suasana techno tsb. Pemilihan bahan ini juga nantinya membantu kamu dalam proses Blending, karena kalau bahannya gk cocok satu sama lain, ataupun tidak cocok dengan tema, kamu akan kesulitan memadukan bahan-bahan tersebut.
Blending:
Blending adalah proses memadukan beberapa bahan GFX kamu agar terlihat serasi, dan seolah-olah tidak terpisah. Permainan Tools dan Adjustment serta Resource Choice sangat berperan dalam proses ini.
Banyak cara untuk berhasil dalam proses ini, antara lain:
- Dengan menggunakan tools (smudge, clone stamp, brushes dll)
- Dengan menggunakan adjustment (HueSat, GraMaps, dll)
- Dengan menggunakan bahan yang tepat (simak Resource Choice)
Proses ini umumnya akan didahului oleh penerapan Effect dan Flow.
Namun tidak menutup kemungkinan kalau Blending perlu diterapkan di langkah-langkah Finishing
Example for Resource Choice and Blending:
Banyak cara untuk berhasil dalam proses ini, antara lain:
- Dengan menggunakan tools (smudge, clone stamp, brushes dll)
- Dengan menggunakan adjustment (HueSat, GraMaps, dll)
- Dengan menggunakan bahan yang tepat (simak Resource Choice)
Proses ini umumnya akan didahului oleh penerapan Effect dan Flow.
Namun tidak menutup kemungkinan kalau Blending perlu diterapkan di langkah-langkah Finishing
Example for Resource Choice and Blending:
++Adjustment + Tools + Filters
=
=
Sumber : http://forum.gemscool.com/thread-647197-post-4620954.html#pid4620954